Membaca Manga Scan Repot?? Pikir Lagi…

Sebelum kuliah saya selalu membeli manga (komik jepang) keluaran terbaru setiap bulannya. Entah komik keluaran elex, level, maupun keluaran penerbit lain nya.

Awalnya saya merasa hal itu ringan-ringan saja. Sebab memang sejak kecil saya sudah terbiasa membeli nya secara rutin dengan menyisihkan sebagian uang saku atau pun “merengek” ke orang tua.

Namun, semakin banyak komik yang saya baca, maka saya pun tidak sanggup lagi untuk membeli komik-komik yang saya ikuti, alhasil saya pun mencari informasi dan beralik ke manga scan.

Mungkin rekan-rekan yang “melek” akan internet sudah tahu apa itu manga scan. Secara kasar, manga scan bisa di artikan sebagai komik online. Kita bisa membaca komik secara online lewat website – website tertentu, seperti :
Mangafox, Mangaeden, Mangashare dan lain-lain.

Namun mungkin rekan-rekan merasa bahwa membaca manga (komik) secara online itu sangat melelahkan. Belum lagi jika koneksi “lemot” tentu saja akan terasa sangat menyebalkan, sebab kita harus membaca satu persatu halaman dari manga itu per -chapter nya

Namun itu hanyalah cerita lama, sebab dengan membuka chapter yang akan kita baca, kita bisa membaca semua halaman tanpa meng-klik “next” secara manual.

bisa kita lihat, bahwa semua halaman (pada gambar di atas ,20 halaman) dapat kita baca sekaligus hanya dengan meng-scroll web page kebawah saja.

Saya sudah menggunakan trik ini sejak lama, namun trik ini masih belum banyak di gunakan, dan banyak sekali yang bertanya kepada saya soal trik ini. Maka pada post ini akan saya jelaskan step by step, namun perlu di garis bawahi, bahwa langkah-langkah di bawah berlaku untuk web browser firefox. Untuk web browser Chrome, akan saya jelaskan setelahnya.

1. Unduh Mozilla Add-Ons Greasemonkey

Greasemonkey adalah add ons yang di sediakan oleh firefox untuk memanage script yang akan di tampilkan oleh browser menggunakan java script.

Untuk mengunduh nya cukup masuk ke https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/748/ dan meng-klik add to firefox. kemudian RESTART BROWSER untuk mengaktifkan greasemonkey secara default.

Setelah itu, maka di pojok kanan web browser anda akan muncul tampilan seperti ini.


2. Akses http://Userscript.org

Userscript menyediakan script yang bisa di sisipkan pada browser firefox di berbagai hal. dalam kasus ini, kita akan mencari script untuk membaca manga scan dalam satu halaman web browser.

pertama-tama, kita harus mencari script nya di web ini, umpamakan anda ingin membaca manga scan dari http://mangafox.com, maka anda harus mengunduh script nya terlebih dahulu. Cukup ketikkan key word “mangafox” dalam search box yang tersedia di website ini.

Ketikkan mangafox, pada search box yang tersedia, maka akan muncul hasil seperti ini:

Klik “Mangafox Chapter Onepage Rev 2” dan klik “Install”, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Voilla! Setelah ini secara default, firefox anda secara otomatis akan membuka seluruh halaman dalam satu chapter manga yang akan anda baca dalam 1 web page.

Untuk web browser chrome, anda tidak perlu menginstall greasemonkey. Cukup install script di userscript secara langsung, maka browser chrome anda akan membuka semua halaman dalam 1 page.

Selamat Mencoba :))

Comments (1)

FalahSeptember 8th, 2013 at 6:20 pm

ini cuman di mangafox ya ==?

Leave a comment

Your comment